Senin, 08 November 2010

tips-tipsKU

Tips Memperbaiki Memori Otak bagi PELUPA….
1. Tidur Cukup
Tanpa tidur malam yang nyenyak,kita akan merasa lelah dan konsentrasi melemah.dalam bukunya Power Sleep,Dr.James B Mass professor psikologi dari cornell university menulis,”…tidur memegang peranan penting untuk memudahkan penyimpanan daya ingat dan mempertahankan memori.tanpa tidur kesehatan mental terganggu.
2. Latihan daya ingat.
Mind Mapping(peta pikiran)adalah latihan yang sempurna untuk melatih daya ingat.Mind Mapping adalah system penggunaan image atau gambar yang digunakan untuk mewakili bahan-bahan yang akan dipelajari atau yang akan dihafal.
3. Hidup sehat
Menurut psikologi pendidikan,poon cosiew Win apa yang kita konsumsi sangat penting karena sangat berpengaruh pada kemampuan otak dalam menyimpan informasi.inilah rekomendasinya.
 Minumlah air minimal delapan gelas sehari.
Air berfungsi menopang system memori,khususnya pada orang tua.kekurangan air dapat menimbulkan kebingungan dan kesulitan pikiran lainnya.
 Nutrisi yang cukup
Vitamin yang penting untuk kinerja memori seperti tiamin,folic acid dan vitamin B12 dapat ditemui pada roti,sereal,sayuran,dan buah-buahan.ekstrak tumbuhan Ginko Biloba terbukti mampu meningkatkan daya ingat mereka yang berusia setengah baya hingga 7%
 Jangan minum alcohol
Selain haram mengkonsumsi alcohol secara regular dapat mengaggu memori jangka pende,sehingga hal yang sepele seperti menaruh kacamata juga lupa.
 Kurangi kafein.
Kopi dan the memang dapat membuat seseorang terjaga,semakin banyak meminumnya semakin lama terjaga,jika seseorang banyak terjaga,maka dia akan kurang tidur.dan kita tahu bahwa kurang tidur itu mempengaruhi memori otak.
 Tidak merokok.
Merokok dapat mengurangi jumlah oksigen didalam otak,sehingga mempengaruhi fungsi memori.sebuah tes membuktikan bahwa mereka yang menghabiskan satu bungkus rokok sehari mengalami kesulitan mengingat wajah dan nama disbanding non-perokok.
 Obat-obatan.
Pil penenang,penenang otot,pil tidur dan anti kecemasan mengandung diazepam dan lorazepam yang dapat mempengaruhi daya ingat dan memicu depresi.
4. Rangsang ingatan
Memaksimalkan daya ingat dapat dilakukan dengan belajar keahlian baru.hal ini bisa merangsang syaraf-syaraf otak untuk berkembang.
5. Beri perhatian.
Konsentrasilah pada hal yang anda anggap paling penting dan bawa sampai tidur.revisi kembali keesokan harinya,saat memori sedang pada puncaknya.lakukan seminggu kemudian.cara ini akan meningkatkan daya ingat.lakukan hal ini empat kali dalam sebulan.jika anda sudah melakukan lima kali,tiga bulan kemudian informasi ini akan tersimpan dalam ingatan anda.
6. Hubungkan fakta pada imajinasi.
Memori bekerja lewat hubungan.maka ciptakan hubungan antra informasi dengan tehnik menghafal.
7. Terorganisasi
Lingkungan kerja yang berantkan menyulitkan kita untuk menemukan dan mengingat banyak hal.catat tugas dan janji penting dalam agenda.ini akan memebantu anda mengingat hal-hal kecil.

Sumber:Meracik sendiri ramuan herbal nabi…..

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews