Sabtu, 30 April 2011

bahan medikamen PSA

Pendahuluan 

Endodontik merupakan bagian dari ilmu kedokteran gigi yang menyangkut diagnosis serta perawatan penyakit atau cedera pada jaringan pulpa dan jaringan periapikal. Tujuan perawatan endodontik adalah mengembalikan keadaan gigi yang sakit agar dapat diterima secara biologik oleh jaringan sekitarnya. Ini berarti bahwa gigi tersebut tanpa simtom, dapat berfungsi dan tidak ada tandatanda patologik yang lain.
Perawatan endodontik merupakan bagian dari perawatan konservasi gigi adalah perawatan bagian dalam dari gigi, yang bertujuan untuk mempertahankan gigi selama mungkin di dalam rongga mulut. Membahas mengenai perawatan endodontik, ada beberapa tahap yang perlu dilakukan sebelum menuju ke tahap perawatan endodontik. Beberapa tahapanltindakan yang harus dilakukan adalah penentuan diagnosis suatu penyakit,penentuan rencana perawatan yang akan dilakukan,kemudian baru menginjak ke tahap perawatan.perawatan terhadap  suatu penyakit tidak boleh dilakukan tanpa didahului penentuan diagnosis yang baik.
Secara umum  perawatan endodontic terdiri dari perawatan kaping pulpa, pulpektomi, pulpotomi, mumifikasi, perawatan saluran akar konservatif dan saluran akar yang terinfeksi dan perawatan endodontik bedah.
Pulpotomi adalah Prosedur pembuangan jaringan pulpa di korona sampai ketinggian pulpa yang masih sehat(kadang sukar ditemukan) serta perdarahannya harus dalam batas normal dan mudah dikendalikan.( Walton n’torabinejad,2006).sedangkan menurut Andlaw n’ Rock ,pulpotomi merupkan suatu prosedur dimana seluruh pulpa bagian mahkota dibuang dengan tujuan menghilangkan semua jaringan pulpa yang terinfeksi,pulpa bagian akar kemudian dirawat .pulpotomi dilakukan terutama pada gigi-gigi vital dengan pulpa terbuka lebih besar dari yang diperbolehkan untuk pulpa capping.
Penelitian-penelitian tentang material-material pengisi maupun sterilisasi yang sering digunakan dalam perawatan pulpa semakin lama semakin berkembang,dimana yang dahulunya dipakai sekarang banyak yang ditinggalkan dengan seiringnya ditemukan adanya penemuan-penemuan baru yang lebih efisien dalam merawat pulpa.Material yang digunakan dalam perawatan pulpa khususnya pulpotomi harus dapat memenuhi tuntutan biologis seperti:dapat mendinsinfeksi dinding kavitas dan tubuli dentin,dapat mencegah injury pulpa dentin dari material restorasi,mendorong penyembuhan organ pulpa-dentin yang mengalami cidera,mencegah penetrasi dan pertumbuhan bakteri,serta dapat menstimulasi pertahanan alami dentin pulpa.
Tidak ada Material yang digunakan dalam perawatan pulpa memiliki sifat yang ideal,tetapi paling tidak material tersebut harus memiliki sifat kompatibel terhadap material restorasi,tidak larut dalam cairan rongga mulut,mencegah konduksi panas maupun dingin dari bahan restorasi metalik,bakteriostatik,serta tidak mengiritasi jaringan periapikal dll.
Karena banyaknya jenis material yang digunakan dalam perawatan pulpa,maka dalam makalah ini penulis ingin membahas tentang contoh-contoh material yang ideal untuk pulpa.


Untuk artikel lengkapnya silahkan download disini







1 komentar:

Anonim mengatakan...

:k3

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews